Assoc. Prof. Drs. Widayatmoko, MM., M.Ikom

Assoc. Prof. Drs. Widayatmoko, MM., M.Ikom

Program Studi Manajemen

Jabatan

Ketua Tri Bhakti Business School

Jenjang Jabatan Akademik

Lektor Kepala (Associate Professor)
NIDN/NIDK0303045901
Bidang IlmuManajemen Bisnis dan Leadership
KompetensiTata Kelola Organisasi

Kepemimpinan Publik

Pengurus Aptisi wilayah IV-A Pengurus Pusat Bendahara Aspikom tahun 2007- 2019

Keikutsertaan Asosiasi Profesi

Pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Komisariat Universitas Tarumanagara Jakarta, Tahun 2000.

PENDIDIKAN

  • Pasca Sarjana Magister Managemen Konsentrasi Manajemen Umum/Organisasi Universitas Tarumanagara Jakarta, Tamat Tahun 1995.
  • Magister, Program Studi : Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana 2015
  • Strata Satu Jurusan Managemen, Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya Yogyakarta, Tamat Tahun 1989.
Pengalaman Kerja
Penelitian
Pengabdian Masyarakat
Publikasi Ilmiah
  1. Pembantu Dekan I (Bidang Akademik) Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara tahun 2000 – 2004
  2. Pembantu Dekan IV (Bidang Pengembangan SDM) Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara tahun 2000
  3. Ketua STIE Tri Bahkti Bekasi Tahun 2004
  4. Pengelola Kampus III (Cilandak) Universitas Tarumanagara Jakarta Tahun 2005.
  5. Pudek Fikom Universitas Tarumanagara Jakarta Tahun 2006 – sampai dengan sekarang .
  6. Dekan Fikom Universitas Tarumanagara Jakarta Tahun 2015
  7. Puket I STIE Tri Bahkti Bekasi Tahun 2019- 2020
  8. Ketua STIE Tri Bahkti Bekasi Tahun 2020- sekarang
  9. Ketua Penyunting Jurnal Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jakarta ISSN2085-1979, EISSN 2528 2727.
  10. Anggota Senat Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara tahun 2000 – 2004
  11. Anggota Senat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara tahun 2006 – 2019
  12. Anggota Senat Universitas Tarumanagara tahun 2006 – 2018
  13. Assesor Akreditasi Program studi, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN- PT Dikti) tahun 2003 – 2004
  1. Komunikasi Pemasaran Kampung Wisata dan UMKM Eks Lokalisasi Gang Dolly Marketing Communication of Tourism and Small Entrepreneur Village at Ex Dolly Prostitution Area Tahun : 2017,
  2. Komunikasi Digital Generasi Milenial Tionghoa dalam Membangun Ekonomi Kreatif, Skema : Penelitian Desentralisasi ( PTUPT )    |    Source : Simlitabmas Hibah Dana Penelitian Unggulan Terapan Perguruan Tinggi Sebesar Rp.65.193.000, ristekbrin, Tahun Pelaksanaan 2020
  3. Komunikasi Digital Generasi Milenial Tionghoa dalam Membangun Ekonomi KreatifSkema : Penelitian Desentralisasi ( PTUPT )    |    Source : Simlitabmas Hibah Dana Penelitian Unggulan Terapan Perguruan Tinggi Sebesar Rp.66.473.000, ristekbrin, Tahun Pelaksanaan 2019
  4. Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Moderat pada Perusahaan Asuransi PT. Bumi Putera Jakarta-Tahun : 2014,
  5. Pengembangan Model Pendidikan Kewirausahaan Pada Sma Kementerian Pendidikan Naional Balitbang Pusat Penelitian Kebijakan Nomor: 5622/G2?Pl/2011- Tahun : 2011,
  6. Evaluasi Pemanfaatan Hasil Akreditasi Ban-Pt Terhadapperbaikan Mutu Pts-Tahun : 2011,
  7. Analisis Framing Simposium Bulutangkis Dalam Meningkatkan Citra Untar Di Masyarakat 2010
  8. Surat Pembaca Sebagai Medium Kritik Atas Media Televisi (Analisis Isi Terhadap Surat Pembaca Republika, Media Indonesia, Kompas, Koran Tempo, Suara Pembaruan, Seputar Indonesia 1 Juli – 30 Juni 2009
  9. Minat Mahasiswa Terhadap Program Dual Degree, Fakultas Tahun : 1999,
  10. Kajian Sistem Perkuliahan 100 Menit Di Lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Jakarta-Tahun : 1998,
  11. Analisis Empiris Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Produktivitas Wiraniaga Pada Asuransi Pt. Jiwa Seraya Jakarta Tahun : 1995,
  12. Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan 100 Menit Di Lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Jakarta, Semester Ganjil Tahun Akademik 1998-1999
  13. Pengaruh Kebijakan Sales Promotion Terhadap Tingkat Kolektivitas Kredit Pada Pd. Bank Pasar Kabupaten Dati Ii Rembang Kredit Tahun : 1985,
  1. Etika Media Sosial Dalam Interaksi Budaya untuk berkegiatan di Internet (Obyek: SMA Warga Surakarta)
  2. Memperbaiki Kualitas Pelayanan Melalui Service Excellence Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen (Obyek: SMA Warga Surakarta) Jabatan : Ketua, Tahun 2016, Sumber dana : Mandiri/Sendiri, Tingkat Regional
  3. Peningkatan Kemampuan Public Speaking dan Presentasi dlm menghadapi Tuntutan Profesi di Dunia Kerja(Obyek: SMA Kristen I Surakarta) Jabatan : Ketua, Tahun 2015, Sumber dana : Mandiri/Sendiri, Tingkat Regional
  4. Pembuatan film dokumenter kehidupan masyarakat desa Karangpatihan Ponorogo Jabatan : Ketua, Tahun 2014, Sumber dana : Mandiri/Sendiri, Tingkat Regional
  5. Pemberdayaan Masyarakat menuju Desa Mandiri di Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri Jabatan : Ketua, Tahun 2013, Sumber dana : Mandiri/Sendiri, Tingkat Regional
  6. PENYULUHAN TENTANG MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN, DESA EROMOKO, KEC. EROMOKO, KAB. WONOGIRI. SERTIFIKAT LPKMV UNTAR, 7 MEI 2013 Jabatan : Ketua, Tahun 2013, Sumber dana : Yayasan, Tingkat Regional
  7. Hidden Treasures of Juwana City Jabatan : Anggota, Tahun 2011, Sumber dana : Mandiri/Sendiri, Tingkat Regional
  8. Tim Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dengan Tema “Penyediaan Sumber Air Bersih Dan Intervensi Penelitian Psikologi Di Desa Karangpatihan, Ponorogo, Jawa Timur. Nomor : 1716-Lpkmv/Untar/Iii/2010 Jabatan : Ketua, Tahun 2010, Sumber Dana : Yayasan, Tingkat Regional
  9. “Keterbukaan Informasi, Pilihan Media Dan Dampaknya Bagi Keluarga”. Nomor : 995-Lpkmp/Untar/Ii/2009 Jabatan : Ketua, Tahun 2009, Sumber Dana : Yayasan, Tingkat Regional
  10. Memberikan Penataran Kepemimpinan Kepada Warga Masyarakat Kel. Selapang Jaya, Kec. Neglasari Tangerang No. 500/34-Kesra/2004
  11. Memberikan Penyuluhan dengan topik “Cara Belajar Siswa Yang Efektif” kepada Masyarakat Tukluk, Tempurharjo, Eromoko.Nomor : 415.4/150 pada tanggal 19 Desember 2008
  12. Memberikan Penyuluhan dengan tema “Dampak Media Terhadap Toleransi Isu Kekerasan” kepada Masyarakat Desa Panekan, Kecamatan Eromoko pada tanggal 19 Desember 2008
  13. Sebagai Tim Pemantau Independen Ujuan Nasional Tahun Pelajaran 2008/2009 Propinsi DKI Jakarta. Nomor : 005/SK/TPI-UN/PROV.DKI/2009
  14. Sebagai Pembicara dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Keterbukaan Informasi, Pilihan Media dan Dampaknya Bagi Keluarga”. Nomor : 995-LPKMP/UNTAR/II/2009
  15. Sebagai Tim dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Penyediaan sumber air Bersih dan Intervensi Penelitian Psikologi di Desa Karangpatihan, Ponorogo, Jawa Timur. Nomor : 1716-LPKMV/UNTAR/III/2010
  16. Sebagai Pengawas dalam Ujian Nasional Sekolah Menengah atas/Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/MA dan SMK) Tahun 2010/2011 Tingkat Propinsi. Nomor : 064/H39.10/SERT-IV/2011
  17. Sebagai Peserta workshop Penyusunan Proposal Pengabdian Masyarakat dengan Standar Hibah dari DIRLITABMAS, DIKTI 2013. Nomor : 209-LPKMV/UNTAR/IV/2013
  18. Memberikan Penyuluhan Tentang Manajemen dan Kepemimpinan, Desa Eromoko,
  19. Penyuluhan Dengan Topik “Cara Belajar Siswa Yang Efektif” Kepada Masyarakat Tukluk, Tempurharjo, Eromoko.Nomor : 415.4/150 Pada Tanggal 19 Desember 2008 Jabatan : Ketua, Tahun 2008, Sumber Dana : Yayasan, Tingkat Regional
  20. Penataran Kepemimpinan Kepada Warga Masyarakat Kel. Selapang Jaya, Kec. Neglasari Tangerang No. 500/34-Kesra/2004 Jabatan : Ketua, Tahun 2004, Sumber Dana : Yayasan, Tingkat Regional
  1. Teknologi dan Keunggulan Bersaing, Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Jakarta, ISSN 1410-3583, (Terakreditasi)
  2. Strategi Perusahaan Menghadapi Era Perekonomian Global, Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Jakarta, ISSN 0854-9842, (Terakreditasi)
  3. Social Accounting Matrix Kerangka Analisa Ekonomi yang Terpadu, ISSN 0825-17875, Majalah Ilmiah MODUS Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 1997.
  4. Hubungan Budaya Kuat dengan Kinerja Organisasi, Majalah Ilmiah Humaniora 1998, ISSN 0853-912x, Jakarta 1997.
  5. Hubungan Budaya Adaptif terhadap Kinerja Organisasi, Majalah Ilmiah Humaniora 1998, ISSN 0853-912x, Jakarta 1997.
  6. Strategi Perusahaan Kecil VS Perusahaan Besar, Majalah Ilmiah DIGNA, LP2M Universitas Mercu Buana Jakarta , ISSN 0854-9591 Edisi No. 16 Tahun V/1998
  7. Pemanufakturan Just In Time dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas, Manajemen Mutu PRO Produktivitas Jakarta, ISSN 0852-9760, Edisi 60/Th. 8/1998
  8. ” Struktur dan Efektivitas Organisasi ” Media Ilmiah indonusa Esa Unggul, Vol.10 No.1 Mei 2005, ISSN : 0853-8522, Hal.66-73, Terakreditasi Dikti No.26/DIKTI/Kep/2005
  9. ” Analisis Empiris Pengaruh Public Relations Terhadap Citra Hero Supermarket ” Jurnal Komunikasi Untar, Vol.3 No.1-98 Pebruari 2011, ISSN : 2085-1979, Hal.87-98,
  10. ” Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Penciptaan Citra Merek Cafe Gran Via ” Jurnal Komunikasi Untar, Vol.3 No.2 Juli 2011, ISSN : 2085-1979, Hal.50-58,
  11. ” Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Untuk Berlangganan Koran X ” Jurnal Manajemen Usahawan UI, Vol.41 No.5 Okt-Des. 2012, ISSN : 0302-9859, Hal.508-523,
  12. Comunnication in Culture: Whose Culture? Visual Culture”Procedeeding of Jogja Internasional Conference on Communication Faculty of Political and Social Sciences, University of Pembangunan Yogyakarta and the Indonesn Journal of Communic ation Studies (IJCS) ISBN: 978-602-18913-0-8
  13. ” Tinjauan Kritis Simbol-simbol Budaya Nias dalam Iklan Produk Berenergi” (Studi Kasus Iklan Berumuatan Nilai Lokal Produk Bima Ener-G- Versi Ayo Wisata Ke Sumatera) Jurnal KomunikasiASPIKOM, Vol 1 No.4 Januari 2012, ISSN : 2087-0442,
  14. Sherly Margaretha, Widayatmoko, M. Adi Pribadi (2012) ” Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Cubes Consulting dalam Membangun Brand Association” Jurnal KomunikasiASPIKOM, Vol.1 No.4 Januari 2012, ISSN : 2087-0442, Hal.353-362,
  15. Dimensi peran Public Relations Dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan bank MANDIRI, Jurnal inovasi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Perdana Indonesia, Volume : 008/ Nop/13, ISSN 2085-3629
  16. Pengaruh Komitmen Normatif terhadap Tanggapan Discretionary Mahasiswa FIKOM Universitas Tarumanagara, Jurnal inovasi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Perdana Indonesia, Volume : 007/ Apr/13, ISSN 2085-3629
  17. Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding, Jurnal Komunikasi, Universitas Tarumanegara, issn 2528-2727, S 2
  18. Pengaruh Terpaan Iklan Billboard Lazada Versi Terbalik dan Promosi Word of Mouth Terhadap Tingkat Kesadaran Merek Lazada, Jurnal Prologia,Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S.4
  19. Etika Dan Budaya Berinteraksi Di Media Sosial Di Sma Warga Surakarta, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, Universitas Tarumanegara, Issn 2621-0398, S 5
  20. Analisis Wacana Perilaku Konsumtif Dalam Film Crazy Rich Asian, Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, Issn 2598-0785, S3
  21. PENGARUH KEBERBAKATAN MANAJERIAL TERHADAP EFEKTIVITAS ROTASI JABATAN ( STUDI KASUS PADA KANTOR POS DI REGIONAL IV JAKARTA), Jurnal Entreprener Dan Manajemen Sains, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, ISSN 2721-5415
  22. Etika Iklan & Peradaban Sosial (Komodifikasi Masalah Sosial Dalam TVC Meikarta Dengan Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce Dalam TVC Meikarta), Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0785, S 3
  23. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kuliner Para Followers Akun @Jktfoodbang, Jurnal Koneksi, ISSN 2598-0785, S 3
  24. Komunikasi Digital Industri Ekonomi Kreatif Milenial Tionghoa, PT Gramedia Pusaka Utama, Universitas Tarumanegara, ISBN Digital: 978-602-06-3682-5, ISBN: 978-602-06-3681-8
  25. Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Instagram @sisilism Terhadap Kepuasan Followers Terkait Sex Education, Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0785, S3
  26. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Komunikasi Karyawan Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0785, S3
  27. Pelestarian Kebudayaan Peranakan Tionghoa Wayang Potehi melalui Media Digital, Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0785, S3
  28. Komunikasi Interpersonal Antara Relawan Dengan Anak Marginal Dalam Mendorong Minat Belajar di Save Street Child Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0785, S3
  29. Jaringan Komunikasi Antara Pimpinan dan Karyawan dalam Menumbuhkan Komitmen Karyawan di PT. Digital Suplai Indonesia, Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0785, S3
  30. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Kepuasan Komunikasi (Studi Kasus Di PT. Wahana Solusi Manajemen), Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  31. Pengaruh Customer Relationship Management dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel, Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  32. Pengaruh Terpaan Media pada Film Susah Sinyal Terhadap Keputusan Berwisata ke Pulau Sumba, Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  33. Pengaruh Komunikasi Pada Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Image Wardah (Studi Kasus: Followers @Wardahbeauty), Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  34. Gaya Hidup Remaja Perempuan dalam Membentuk Body Image dan Citra Diri Sesuai Tren Masa Kini, Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0785, S3
  35. Analisis Semiotika Peran Ganda Perempuan Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Rumah Tangga Pada Iklan Tesco Lotus: Power of Women, Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  36. Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan (Studi Di Warung Wakaka), Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  37. Analisis Promosi Aspictura Photography Melalui Media Sosial Instagram, Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  38. Analisis Komunikasi Keberagaman Budaya Dalam Iklan Bukalapak Versi Bu Linda, Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0785, S3
  39. Komodifikasi dan Pengaburan Makna Simbol Religius Agama Katolik dalam Film The Conjuring II, Jurnal Koneksi, Universitas Tarumanegara, 2598-0785, S3
  40. Analisis Motif Penyebaran Hate Speech di Media Sosial Facebook, Jurnal Koneksi
  41. Pengaruh Pesan Iklan Tokopedia Isyana Versus Gangster Terhadap Brand Knowledge Tokopedia di Sma Pusaka Abadi, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  42. Pengaruh Fungsi Iklan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek, Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  43. Analisis Persepsi Konsumen Terkait Rebranding Logo Carvil, Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  44. Pengaruh Kualitas Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Daya Tarik Iklan “Udah Waktunya Pake GO-JEK – Vertibokek”, Jurnal Prologia, Universitas Tarumanegara, ISSN 2598-0777, S4
  45. Proceedings of the Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2019), Jurnal atlantis press, Universitas Tarumanegara, ISSN 2352-5398
  46. Komunikasi Digital Generasi Milenial Tionghoa dalam Membangun Ekonomi Kreatif, Skema : Penelitian Desentralisasi ( PTUPT )    |    Source : Simlitabmas Hibah Dana Penelitian Unggulan Terapan Perguruan Tinggi Sebesar Rp.65.193.000, ristekbrin, Tahun Pelaksanaan 2020
  47. komunikasi Digital Generasi Milenial Tionghoa dalam Membangun Ekonomi KreatifSkema : Penelitian Desentralisasi ( PTUPT )    |    Source : Simlitabmas Hibah Dana Penelitian Unggulan Terapan Perguruan Tinggi Sebesar Rp.66.473.000, ristekbrin, Tahun Pelaksanaan 2019
  48. Akulturasi dan Peran Media Cetak Dalam Komunikasi Lintas Budaya, Skema : Penelitian Kompetitif Nasional(PSN Institusi)    |    Source : Simlitabmas Hibah Dana Penelitian Unggulan Terapan Perguruan Tinggi Sebesar Rp.70.000.000, ristekbrin, Tahun Pelaksanaan 2018
  49. Makalah Pengelolaan Program Studi yang Efektif dan Efisien di sampaikan pada Seminar Nasional Universitas Widya Tama Bandung, 30 Mei 2004
  50. Penulisan Buku Ekonomi Koperasi, ISBN 979-95126-4-6, Yayasan Rivo Jakarta, tahun 1997
  51. Membuat Modul Materi Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa, Tahun 1999
  52. “Menyikapi Konflik Secara Positif” Cet.I PT.Showcase Indonesia Dotcom Juli 2012, ISBN: 978-602-18684-0-9,
  53. ” Kontruksi Nilai – Nilai Keluarga Indonesia Dalam Strategi Iklan -(Studi TVC Pepsodent Versi “Ayah Adi dan Dika” ) “Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal, Fisip Univ. Jend. Soedirman Purwokerto, 26 Sept. 2012, Hal. 951-966 ISBN : 978-979-9204-63-9
  54. Andy Cory, Widayatmoko (2010) ” Komunikasi Politik Dan Otonomi Daerah, Tinjauan Terhadap Dinamika Politik Dan pembangunan ” Edisi Pertama 2009, Pen. Mitra Wacana Media, ISBN : 978-602-8495-26-4
  55. Widayatmoko, Riris Loisa, (2010) ” Komunikasi Manusia Esensi Dan Aplikasi Dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik ” Edisi Pertama 2010, Pen. Mitra Wacana Media, ISBN : 978-602-8495-53-0
Butuh Bantuan?